Palang Areal Sawit ANJ Demi Das Sungai dan Dusun Tempat Keramat

1
81
papan plang pemalangan warga pemilik ulayat tahun 2015
papan plang pemalangan warga pemilik ulayat tahun 2015

Akhir tahun 2015 pemilik hak ulayat di lokasi PT Putra Manunggal Perkasa (PT PMP) yang terdiri dari marga Wetaku, Worait dan Sowe melakukan aksi pemalangan. Warga adat dari Maybrat itu memasang papan plan di sejumlah pohon sebagai tanda larangan membuka areal tersebut.

Yakop Sowe selaku pemilik hak ulayat menyampaikan kepada PUSAKA bahwa pemalangan tersebut dilakukan lantaran demi melindungi aliran sungai dan dusun tempat keramat. Pasalnya, perusahaan sudah kasi rusak kali kecil di areal milik orang Awe dan Kaiso.

pemalangan warga di lokasi ANJ Robate Mangga Dua Papua Barat
pemalangan warga di lokasi ANJ Robate Mangga Dua Papua Barat

Pemalangan tersebut imbas dari tujuh dusun sagu yang kena gusur (baca: Riwayat Dusun Sagu Tempat Mencari Makan) tanpa sepengetahuan marga marga pemilik hak. Mereka (orang adat) sepakat untuk tidak mengijinkan sisa blok sawit untuk dibongkar.

Dari pantauan PUSAKA bersama korban investasi itu pada agustus 2016, diperkirakan ada sekitar lima (5) blok sawit (+2000 HA) khusus yang masuk areal adat suku Maybrat yang di palang. Pemalangan tersebut berimplikasi pada upaya pembongkaran lokasi sawit di areal konsensi sawit lainya milik grup ANJ PT Pusaka Agro Makmur (PT PAM).

Sementara itu Onesimus Wetaku selaku pemilik hak ulayat juga mengatakan kepada PUSAKA bahwa mereka sudah banyak kerugian yang didapat dari investasi ini. Semenjak perusahaan kayu longging (HPH) Wanagalang masuk, kayu merbau ditebas dan diambil secara gratis tanpa ganti rugi yang layak kepada pemilik hak ulayat.

Lanjut Ones yang juga pernah melakukan aksi protes pasca PT Wanagalang beroperasi ini, perusahaan harus ganti kerugian yang dahulu HPH ambil kayu secara gratis. Pasalnya, areal sawit saat ini beroperasi di eks kayu itu. Semua marga disini sepakat hal yang sama.

Pemilik hak ulayat setempat memang sejarahnya berhadapan dengan berbagai corak investasi. Kayu loging (HPH), IPK (kayu industri) dan kini Sawit grub ANJ jejaring bisnis keluarga Tahija.

Video Pemalangan, disini

Arkilaus Baho