‘General Agreements’ Kampung Liku Dengen Melawan Kapitalisme Global

1
489
rekomendasi dewan etik dana pensiun norwegia
rekomendasi dewan etik dana pensiun norwegia

Oleh: Abdul Rahman Nur2

Studi Konflik Perkebunan Sawit di Uraso Kab. Luwu Utara. Konflik Perkebunan Kelapa Sawit di Desa Uraso Luwu Utara telah berlangsung sejak tahun 1980-an, lahirnya kebijakan melalui Surat Pimpinan Perkebunan XXVIII (sekarang PTPN XIV) Kelapa Sawit pada tanggal 1 oktober 1982, No../X/120/1982 tentang Penyediaan lahan untuk Areal Perkebunan Inti dan Plasma Proyek Kelapa Sawit dalam wilayah Kabupaten Dati II Luwu (sekarang Kabupaten Luwu Utara).

Kemudian berdasarkan surat tersebut Pada Tanggal : 8 Oktober 1982 Bupati Kepala Daerah Tingkat II Luwu menindaklanjuti dengan mengeluarkan surat keputusan Nomor : 129/II/KDL/1982 Tentang Penunjukan Areal Tanah/Lahan Perkebunan Inti Dan Plasma Atau Perkebunan Inti Rakyat Untuk Kelapa Sawit PN. Perkebunan XXVIII (sekarang PTPN XIV) Dalam Wilayah Kabupaten Luwu.

Dengan pengaturan Areal/Lahan untuk Kebun Inti seluas 11.150 hektar dan untuk Plasma seluas 21.000 hektar. Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit (PTPN XIV) telah banyak melakukan pelanggaran termasuk diantaranya penguasaan lahan atau hak-hak masyarakat yang berdampak pada pemiskinan, karena mereka telah kehilangan sumber-sumber penghidupan diantaranya persawahan, perkebunan . Hancurnya pranata sosial masyarakat akibat dari kegiatan perkebunan Kelapa Sawit membuat masyarakat termarginalkan dan tidak memiliki akses terhadap sumber daya alamnya demi untuk menunjang keberlangsungan atau mempertahankan eksistensinya.

Selengkapnya:

‘General Agreements’ Kampung Liku Dengen Melawan Kapitalisme Global