Aksi FIM: Penyelesaian Kasus Paniai Tanggungjawab Bersama

0
454
Forum Independen Mahasiswa010101
Forum Independen Mahasiswa010101

Pada hari Senin 22 Juni 2015, Forum Mahasiswa Independen (FIM) melakukan aksi penggalangan dana dalam rangka mendukung komnas HAM menyelesaikan misi penuntasan kasus pelanggaran HAM Paniai 8 Desember 2014. Para aktivis tersebut menggalang dana di tiga titik Jayapura Papua. Penyelesaian kasus Paniai Tanggungjawab bersama, demikian seruan para aktivis dengan poster yang terpampang di pinggir jalan, dimana mereka sedang menggalang dana kemanusiaan.

Forum Independen Mahasiswa juga mendepak Presiden Jokowi segera selesaikan kasus Paniai 8 Desember 2014. Nampak mereka membawakan kardus sumbangan di sepanjang jalan sambil menunjukan tuntutan mereka terkait kepedulian kasus HAM di Tanah Papua, khususnya Paniai.

Aksi simpatik ini mendapat simpati dari masyarakat yang ada disekitar. Namun datang polisi setempat membatasinya hingga penangkapan pun dilakukan. Kronologisnya, Polisi menangkap anggota FORUM INDEPENDEN MAHASISWA (FIM) yang melakukan penggalangan dana untuk membantu KOMNAS HAM (Ad Hod) di Putaran Taksi Perumnas III Waena Jayapura Papua.

Sebelumnya FIM melakukan penggalangan dana di beberapa titik yakni Lingkaran Abepura, Ekspo dan Perumnas III. Namun, beberapa anggota yg melakukan aksi penggalangan di Lingkaran Abepura dan Ekspo di bubarkan lebih dahulu oleh Kapolres Abepura dan mereka bergabung berkumpul di Putaran Taksi Perumnas III demi melakukan orasi dan sambil membawakan Kotak Sumbangan.

Beberapa menit kemudian Kapolres dan beberapa anggota polisi mendatanggi masa yang melakukan aksi penggalangan dana tersebut dan melakukan perbincangan dengan koordinator aksi dan masa yang lain terus melakukan aksi. Beberapa menit kemudian 3 Mobil Polresta 1 mobil tahanan dengan berisikan Anggota Polisi mendatangi masa dan langsung melakukan penangkapan kemudian dibawa ke Polresta.

Penangkapan 14 anggota FIM sekitar jam 9.30 WIT, di putaran taksi Perumnas III dan dibawa ke Polresta Jayapura lalu ditahan dan sempat diinterogasi. Tapi kemudian dibebaskan sekitar jam 15.00 waktu Papua. Pembebasan tersebut lantaran anggota DPR Papua bernama Laurens Kadepa sempat ke kantor Polresta menemui Kapolresta dan meminta teman-temanĀ  FIM yg ditangkap untuk dibebaskan.

Negara tidak ada uang untuk biayai tim ad hoc Komnas HAM RI, Tangkap dan adili pelaku penembakan siswa di Paniai, Bupati Paniai rugi keluarkan 1000.00 buat tuntaskan kasus Paniai. Demikian tulisan poster yang terpampang.

Berikut Nama-nama yang ditangkap karena melakukan aksi kemanusiaan.

  1. Melianus Duwitau
  2. Temianus Kogoya
  3. Fernando Ogetai
  4. Aleks Mujizau
  5. Sakarias Yogi
  6. Yuliten Kobepa
  7. Allo Yeimo
  8. Nauren Ikinia
  9. Esau Yarinap
  10. Agus Kadepa
  11. Arnold Yarinap
  12. Benyamin Yatipai
  13. Felix Tenouye
  14. Alexsander Sedik

 

(Arkilaus Baho)