Potret “Jokowi Tipu Mama Papua Itu Dosa”

0
477

Gerakan menagih janji Presiden Republik Indonesia untuk menepati janjinya membangun pasar bagi pedagang pribumi yang didominasi oleh mama-mama Papua kian dikumandangkan dari tahun 2014 hingga sekarang (februari 2016) dari Papua hingga luar Tanah Papua.

Diawali dari usai terpilih hingga dilantik pun, rombongan mama Papua tetap mengawal beliau. Perjumpaan terakhir mereka ketika haul kemenangan dirayakan di monas. Sembari mengingatkan presiden, gerakan menagih janji terus mengudara hingga saat ini.

Sejarah janji Indonesia bagi orang Papua kerap menjadi beban politis dikemudian hari bahkan berujung pada kegagalan pemimpin Indonesia itu sendiri. Sukarno menjanjikan pembebasan Papua dari koloni Belanda dengan statemen perjanjian bahwa 25 tahun kemudian orang Papua diberi kebebasan memilih apa bergabung denga NKRI atau Negara sendiri. Janji manis Sukarno tersebut berujung pada kudeta tahun 1965 yang dikenal dengan Supersemar. Suharto melalui agenda repelita I-V berjanji mensejahterakan orang Papua. Beliau lengser di tahun 1998. Gusdur menginginkan bendera bintang kejora berkibar sebagai bendera budaya berbarengan dengan Merah Putih, toh niatnya itu bikin dia dilengserkan dari istana.

Suara PUSAKA merangkum aksi potret mengingatkan presiden akan janjinya ini, sejak sepekan, sudah ada ratusan poster dan tulisan dengan kalimat “#Stop Tipu Tipu #Jokow Segera Bangun Pasar Mama Mama Papua” Gerakan yang dikampanyekan oleh Solidaritas Pedangang Asli Papua (SOLPAP bersama PapuaItuKita) medapat dukungan dari berbagai kalangan. Petani, pekerja berita (jurnalis), Ibu Rumah Tangga, Seniman, Pelukis, PNS/ASN, Mahasiswa, Pelajar, anak anak TK, SD, SMP, SMA bahkan Pemuda dan aktivis pemerhati masalah sosial.

Pasar bagi mama mama Papua semenjak regulasi otonomi khusus bergulir tahun 2001, perhatian negara pada pasar belum maksimal. Pada era kampanye pilpres tahun 2014, Pasangan Jokowi-JK mendapat support dari para pedagang asli Papua khususnya mama mama yang jualan sayur, keladi, jagung, kacang, di peinggir jalan di hampir seluruh Tanah Papua (Papua-Papua Barat). Harapan mereka agar sang presiden ketika terpilih bangun infrastruktur pasar.

Pasar yang hendak dibangun berada di berbagai lokasi di seluruh bumi Papua bagian barat itu. Lantaran janjinya belum ditepati, kelakuan Jokowi ini mengaminkan apa yang orang Papua sebut “ Indonesia Bangun Papua dengan Setengah Hati”

Unduh Potret: Jokowi Segera Bangun Pasar Mama Mama Papua #Stop Tipu Tipu