Usut Tuntas Pelaku Pembalakan Liar di Papua Barat

Home/Berita/Usut Tuntas Pelaku Pembalakan Liar di Papua Barat

Koalisi Organisasi Masyarakat Sipil memberikan keterangan pers tentang kasus pembalakan liar di Papua Barat (04/08/2020). Koalisi meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengusut dan mengembangkan kasus pembalakan kayu tanpa izin dengan melihat aktor-aktor lain yang terlibat dalam kasus dengan tersangka Felix Wiliyanto (FW), pemilik perusahaan industri kayu PT. Bangkit Cipta Mandiri (BCM), di Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat.

Kasus FW ini bermula dari kegiatan operasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada Februari 2020, Tim Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum (BPPH) wilayah Maluku Papua, menemukan aktivitas pemuatan hasil hutan kayu ke atas kapal KLM Sumber Harapan III. Kayu jenis merbau, dengan jumlah lebih dari 100-meter kubik itu tidak dilengkapi dengan surat keterangan sahnya hasil hutan (SKSHH) dan masuk dalam kawasan konservasi. FW ditetapkan sebagai tersangka pada Maret 2020, namun penahanan yang bersangkutan baru dilakukan pada Juli 2020.

Pada 23 Juli 2020, Jaksa Penuntut Umum dari Kejaksaan Negeri Sorong telah membacakan dakwaan atas nama Felix Wiliyanto, direktur PT Bangkit Cipta Mandiri (PT BCM). Felix Wiliyanto oleh JPU didakwa atas dugaan pelanggaran Pasal 83 ayat (1) huruf b jo. Pasal 12 huruf e Undang-Undang No. 18 Tahun 2013 jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

Dalam siaran pers, koalisi meminta penyidik mengembangkan kasus ini dengan menggunakan hukum tindak pidana pencucian uang dan menerapkan pidana korupsi terhadap kasus pembalakan liar yang dilakukan FW, mauun kasus-kasus lainnya di Papua. Selengkapnya keterangan pers dapat dibaca disini: Siaran Pers Koalisi OMS – Menuntut Usut Tuntas Pelaku Illegal Logging di Papua Barat

Koalisi Masyarakat Sipil, terdiri dari: Papua Forest Watch, Perkumpulan Bantuan Hukum dan Keadilan Papua, Pusaka Bentala Rakyat, Jaringan Pemantau Independen Kehutanan, Auriga Nusantara, Kaoem Telapak, Greenpeace Indonesia, WALHI Papua, PAHAM Papua, Foker LSM Papua, ELSAM, Walhi Eksekutif Nasional,  Indonesia Corruption Watch, AMAN Sorong Raya, AMAN Malamoi.

Ank, Agust 2020

Share on

Kategori

Subscribe

Berlangganan newsletter bulanan kami untuk menerima semua berita dan artikel terbaru langsung ke email Anda.

    Berkomentar

    Leave A Comment

    Berita Terkait

    Jelajahi berita lainnya:

    BERITA LAINNYA
    Share on