Perusahaan Korindo Gagal dalam Gugatan Intimidasi terhadap Organisasi Masyarakat Sipil

Pada Desember 2019, PT Kenertec Power Systems milik Korindo, mengajukan gugatan pencemaran nama baik di Pengadilan Tinggi Hamburg, Jerman, terhadap Center for International Policy (CIP), pendukung Mighty Earth, dan LSM Jerman, Rettet den Regenwald (Rainforest Rescue), yang mengkampanyekan mengenai deforestasi Korindo di Papua.

Kenertec menuntut agar Rettet den Regenwald e.V. dan mitranya Mighty Earth mencabut pernyataan mengenai penggunaan buldoser dan api untuk menebang hutan hujan dan tidak mengulangi pernyataan seperti itu di masa datang.

Hakim Pengadilan Hamburg, Jerman (21 Februari 2023) menyatakan bahwa perusahaan PT Kenertec Power Systems milik Korindo  tidak dapat menuntut. Penggugat akhirnya oleh karena perbandingan hukum yang disarankan pengadilan telah mencabut semua tuntutan dan membayar tiga perempat biaya pengadilan. Baca Siaran Pers: Rettet den Regenwald

Gugatan PT Kenertec Power Systems kepada pembela lingkungan jelas dimaksudkan untuk membungkam kampanye masyarakat sipil untuk melindungi hutan hujan, di Provinsi Papua, Indonesia, yang terancam oleh operasi kelapa sawit Korindo yang ekstensif.

Gugatan SLAPP (Strategic Lawsuits Against Public Participation) dirancang untuk membungkam dan mengintimidasi kelompok masyarakat sipil serta mencegah mereka menyampaikan pernyataan, atau konsekuensinya mendapat ancaman denda 250.000 Euro atau menghadapi hukuman penjara. Baca: Siaran Pers – Gugatan Korindo untuk Membungkam Organisasi Masyarakat Sipil

Rettet den Regenwald e.V. setelah menerima gugatan tersebut telah ikut mengorganisir gerakan di seluruh Eropa menentang tuntutan intimidasi dan termasuk salah satu anggota awal aliansi di seluruh Eropa yang menentang SLAPP yang disebut CASE. Aliansi ini pada tahun 2021 telah memberikan penghargaan buruk kepada Korindo sebagai „International bully of the year“.

Petisi Lindungi demokrasi sekarang – hentikan gugatan intimidasi oleh Rettet den Regenwald e.V. dan Umweltinstitut München e.V. telah ditanda tangani oleh 216.620 orang. Di dunia internasional, gugatan intimidasi tersebut menimbulkan gelombang solidaritas. Lebih dari 90 organisasi lingkungan dan hak asasi manusia dari Jerman, Eropa, Amerika Latin, Afrika dan Asia bersolidaritas dengan Rettet den Regenwald e.V.. Dalam sebuah deklarasi: “Siapa yang mengugat aktivis dan organisasi yang bekerja demi keadilan bagi masyarakat dan alam, berarti menyerang kita semua!”.

Ank, Feb 2023

You may also like

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy